Jumat, 17 Mei 2013

Keunggulan Linux

Apa sih arti Sistem operasi itu? Masih ingat dengan definisinya? Mungkin sebagian dari kalian mengerti maksudnya tetapi tidak bisa menjelaskannya dengan kata-kata bukan? Kita bisa membayangkan Sistem operasi itu sebagai lautan yang sangat luas. Sedangkan aplikasi program dapat kita ibaratkan sebagai berbagai jenis kapal dan ekosistem laut yang bergerak bebas di lautan.

Jadi, arti dari Sistem operasi itu sendiri adalah suatu penghubung antara lapisan perangkat keras (hardware) dan lapisan perangkat lunak (software) komputer yang bertugas untuk menyatukan kontrol dan manajemen perangkat keras dan juga operasi-operasi dasar sistem.


Nah, Sistem Operasi tersebut juga memiliki berbagai jenis lho. Diantaranya adalah gratis dan berbayar. Tahukah kalian apa saja contoh Sistem operasi yang gratis maupun berbayar? Dan sistem operasi apakah yang kalian gunakan? Berbayar atau gratis? Kalo kalian tidak paham, simak deh artikel ini.
Pemerintah Indonesia telah mengeluarkan peraturan baru pada UU No. 19 Tahun 2002 tentang larangan untuk menggunakan program bajakan. Berikut bunyinya.

UU NO. 19 TAHUN 2002 ,
“ Hak cipta merupakan hak eksklusif bagi pencipta atau pemegang hak cipta untuk mengumumkan atau memperbanyak ciptaannya, yang timbul secara otomatis setelah suatu ciptaan dilahirkan tanpa mengurangi pembatasan menurut perundang-undangan.”

Jadi, menggunakan Operating System yang tidak jelas asal-usulnya sama dengan menggunakan program bajakan dan hal ini merupakan tindak pidana. Bisa-bisa kalian dipenjara hanya karena masalah ini. Gak mau kan? Oleh sebab itu, segala sesuatu yang akan kita lakukan harus ada kejelasan, khususnya pada penggunaan Operating System. 
 
Contoh program Operating System (OS) yang berbayar adalah Windows (Microsoft Windows), MAC OS (Macintosh Operating System), Microsoft DOS, dan lain sebagainya. Jika ingin mendapatkannya terutama untuk versi Pro, kita harus merogoh kocek sebesar 199,9 dollar AS atau setara dengan Rp. 1.899.050.
 
Sedangkan contoh program OS yang gratis adalah Linux, FreeBSD dan Solaris. Untuk mengunduh dan menggunakannya, kita dibebaskan dari semua biaya. Jadi, jika kalian rata-rata menggunakan program Windows yang jauh lebih murah bahkan gratis, maka bisa dikatakan itu adalah bajakan loh.
Bagaimana? Lalu, mengertikah kalian apa itu open source? Jika belum mengenalnya, pernahkah kalian melihat operating system yang berbeda dari windows ? Mungkin terdapat symbol penguin, atau lainnya? Terutama di warnet? Mungkin saja itu salah satu produk dari open source.

Open source merupakan sistem pengembangan yang tidak dikoordinasi oleh suatu individu atau lembaga pusat, tetapi kalian bisa menggunakan dan mengembangkannya dengan memanfaatkan kode sumber ( source-code ) secara gratis. 

Pola ini lahir karena kebebasan berkarya, setiap orang berhak untuk mengungkapkan ekspresi, imajinasi, dan ide-ide serta mengungkapkan apa yang diinginkan dengan menggunakan pengetahuan dan produk yang cocok. Setiap orang mendapat kebebasan untuk belajar, mengutak-atik, merevisi ulang, membenarkan ataupun menyalahkan., tetapi kebebasan yang dimaksud disini adalah kebebasan yang datang bersamaan dengan tanggung jawab.

Linux adalah salah satu contoh dari open source. Linux berawal dari inisiatif seorang mahasiswa dari Finlandia bernama Linus Torvalds. Dia mengumumkan melalui sebuah newsgroup bahwa dia berhasil membuat sebuah sistem operasi yang sangat mirip dengan UNIX. Hal ini Linus ungkap pada tanggal 5 Oktober 1991.

“Hello everybody out there using minix. I'm doing a (free) operating system (just a hobby, won't be big an professional like GNU) For 386 (486) AT Clones”

Linux dibuat menggunakan sistem operasi mirip UNIX yang bernama MINIX. Linux versi paling awal memiliki kode versi 0.0.2., selanjutnya dirilis versi 0.0.3. dan versi 0.10. Saat ini, Linux merupakan sistem operasi yang lengkap. Didalamnya terdapat berbagai macam aplikasi program, seperti GIMP untuk mengedit foto, LibreOffice untuk berbagai hal ( menulis, presentasi, dll ), kalian juga bisa mendownload game-game gratis berbasis Linux dan masih banyak lagi yang lain. Uniknya, perkembangan Linux tidak hanya dikendalikan oleh pencipta atau pengembang, namun semua pengguna dapat ikut berpartisipasi di dalamnya.

Keunggulan-keunggulan yang membuat Linux banyak digunakan.

  1. Linux dapat diperoleh secara gratis
  2. Di dalamnya terdapat berbagai macam perangkat lunak aplikasi
  3. Linux adalah sistem operasi yang bersifat multiuser dan multitasking
  4. Semua pengguna dapat memperoleh dan memodifikasi source-code ( kode sumber ) Linux
  5. Pengguna dapat mengembangkan Linux versinya sendiri
  6. Linux yang telah dikembangkan dapat didistribusikan kembali tanpa melanggar hak cipta
  7. Kualitas program-program lebih terjamin. Hal ini dikarenakan evaluasi dapat dilakukan oleh banyak orang, sehingga kualitas program dapat lebih baik.
  8. Lebih aman ( secure )

1 komentar:

  1. Alhamdulillah....Postingan yang sangat bermanfaat bangeet.

    Super Kreatif dan PERTAMAX !

    BalasHapus