Jumat, 17 Mei 2013

Go..Go..Go.. Open Source Kingdom

“Oh, jadi Linux itu lebih canggih ya dari Windows?”, ungkap salah satu siswa di dalam kelas tersebut. Yap, teman-teman dari ekstra IT sedang memberikan sosialisasi tentang perbedaan sistem operasi.

Sosialisasi tersebut dimulai sepulang sekolah, tepatnya hari Jum'at tanggal 19 Mei 2013. Tidak banyak yang datang memang, tetapi jelas hal tersebut tidak menyurutkan semangat teman-teman SMAN 13 SURABAYA. Tentu saja semua siswa antusias untuk menggali informasi lebih banyak lagi. Bahkan mereka juga terlihat serius mendengarkan setiap arahan demi arahan temannya yang sedang berbicara di depan.






Pertama, si pembicara menjelaskan apa itu sistem operasi. Kemudian perlahan menjelaskan tentang open source, lengkap dengan jenis-jenisnya. Dari windows, Linux, Mac, dan lain sebagainya lengkap diulas dengan rapih. Bahkan, teman-teman banyak sekali yang mengajukan pertanyaan demi pertanyaan tentang open source tersebut.

“Temen-temen masih belum mengenal open source sih, jadi harus ekstra sabar buat sosialisasinya hahaha,” cetus Ummul Zata Farahiyah, salah satu anggota IT tersebut. Menurutnya, dari pihak sekolah juga harus ikut membantu untuk mengembangkan program yang di buat pemerintah ini. Selain itu, fasilitas pendukung juga diperlukan nih supaya warga sekolah semakin up to date.

Bagaimana tidak, di laborotorium komputer misalnya, komputer yang berbasis open source hanya dua saja. Itupun yang satunya masih dalam tahap perbaikan. Dan tentu saja hal tersebut membuat warga sekolah tidak mengerti sama sekali tentanag open source.

Menurut Aida Verdy Kumala Yuniar, salah satu peserta sosialisasi menyetujui adanya dukungan dari pihak sekolah.”Ya karena open source ini kan legal dari pemerintah. Seharusnya lebih dikembangkan dan disosialisasikan pada masyarakat luas bahwa ada program komputer yang legal dan gratis,” ujarnya dengan bersemangat. 

Bayangkan saja, untuk open source ini bisa didapatkan secara cuma-cuma alias gratis. Kebanyakan dari mereka masih percaya dengan Windows. Padahal jika dibandingkan sendiri, lebih kece open source loh. *eh

Linux adalah salah satu contoh dari open source. Linux berawal dari inisiatif seorang mahasiswa dari Finlandia bernama Linus Torvalds. Open source yang satu ini bersifat multiuser dan multitasking lho, jadi bisa dikembangkan sendiri sesuai dengan apa yang diinginkan. Bahkan bisa didistribusikan tanpa melanggar hak cipta sekalipun, hebat gak?

Misalnya dalam pertahanan anti virusnya, dibandingkan dengan windows yang gampang terserang meskipun sudah dipasang berbagai anti virus terkemuka, open source masih unggul. Ketahanannya mencapai 95% loh, gila kurang kece dimananya coba? Hal ini tentu sangat diperlukan oleh masyarakat, khususnya para pelajar yang giat-giatnya nyari informasi sebanyak mungkin. *ehem*

“Sekolah kita akan menjadi contoh pemakaian software resmi, dan asli buatan arek surabaya. Mari kita galakkan dan sebarkan ke sekolah di sekitar kita,” kata Pak Tauchid Syarief, selaku guru TIK di sekolah.

Yuk, kita kembangkan open source. Go.. go... go.... See ya!

2 komentar:

  1. masih ingat dg salam anggota ITC?
    SMAX3 InTechNity YESSS!

    Ajiiib bener kegiatan workshopnya !
    Dari Siswa-Oleh Siswa-Untuk Siswa.

    Lanjutkan terus "semangat Berbagi!"

    BalasHapus