Jumat, 17 Mei 2013

Road to Open Source Kingdom

Masih banyak masyarakat Indonesia yang belum paham tentang open source atau bahkan tidak tahu sama sekali tentangnya. Mungkin kalian bertanya-tanya, apa itu open source ? Atau mungkin beberapa dari kalian ada yang sudah mengenal namun belum memahaminya? Atau kalian sudah tahu, sudah kenal, namun tidak mau mengaplikasikannya di komputer atau gadget kalian? Wah kudet tuh.

Open source sebenarnya adalah sebuah sistem baru dalam mendistribusikan perangkat lunak kepada pengguna dengan memberikan program dan source code nya secara gratis atau free. Bahkan pengguna dapat mempelajari dan memodifikasi sendiri untuk membuat software tersebut sesuai dengan kebutuhan dan kemauan mereka. 

 
Walaupun terbilang baru, beberapa komunitas atau masyarakat Indonesia sudah mengenalnya. Hal inilah yang menyebabkan perkembangan open source di Indonesia agak lambat dari yang lain. Masak mau dibilang kudet terus sih? Gak mau kan?

Nah, ada banyak pendapat yang membahas tentang alasan-asalan dari pertanyaan tersebut. Selain pengetahuan yang kurang memadai, adanya pemikiran bahwa open source yang merupakan freeware seperti contohnya Linux kurang menjanjikan bahkan terbilang rumit. Karena semua pengaturan ataupun perintah dilakukan secara manual. 
 
Hal inilah yang menyebabkan banyak masyarakat Indonesia lebih memilih menggunakan Windows sebagai sistem operasi yang dipercaya. Padahal lho ya, open source memiliki keunggulan, yaitu tidak mudah terserang virus jika dibandingkan dengan produk yang lebih cepat dan lebih efisien. Hebat gak sih? Gitu masih belum mau coba open source ini? Kudet bener!
Terus mau sampai kapan kalian gini???? *alay*

Okay, next. Biar kalian lebih percaya sama open source yang satu ini, pantengin terus aja ya nih artikel.

      Manfaatkan fasilitas Internet
      Inget-inget ya bro, internet itu dipakai untuk mencari informasi yang kita butuhkan. Bukannya dipakai buat facebook-an lah, twitter-an lah, youtube-an lah, dan kegiatan yang sedikit geje lainnya. Internet itu media paling update untuk mencari informasi-informasi, terutama yang berhubungan dengan open source
      Sosialisasi ke sekolah, kantor, dan komunitas atau lembaga masyarakat.
      Sosialisasi ini bisa dijadikan media informasi selain internet. 

      Mungkin kalau sekadar membaca artikel di internet kurang begitu memahami, tetapi disini kita bisa lebih memahami tentang open source. Keuntungannya yang lain jika kalian masih belum memahami, kalian memiliki kesempatan untuk bertanya langsung kepada para narasumber. Keren kan???. Selain itu, sosialisasi juga bisa menjadi ajang promosi agar lebih dikenal.

      Bergabung dan aktif dalam komunitas open source.
      Dengan bergabung ke suatu komunitas open source, wawasan kita akan lebih luas. Dan juga kalian bisa belajar mengembangkan open source agar lebih baik lagi, lebih canggih dan pastinya keren...
      Mengadakan perlombaan open source
      Dengan adanya perlombaan ini, kalian bisa terus terpacu untuk mengembangkan open source, dan tidak berhenti disitu, kalian juga menjalankan pengembangannya hingga bisa diproduksi ke publik secara legal dan pastinya Free, Free, Free.

      Memasukkan open source ke dalam materi kurrikulum pelajar.
      Tujuannya adalah untuk memberi ilmu dan materi-materi yang lebih khusus sehingga akan tercetak generasi-generasi ahli open source. ^_^

1 komentar:

  1. Wah makin kagum nih....pasti sdh gabung dengan KLAS? ato JOXER? ato COSI? ato KLSI?

    BalasHapus